7 Langkah Menganalisa Kerusakan Loud Speaker di Smartphone Android

Hallo Netter’s, loud speaker (pengeras suara) atau speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membran. Dalam setiap sistem penghasil suara, pengeras suara merupakan penentu kualitas suara.

Beberapa Tipe  Smartphone Evercoss Sudah Dirakit di Semarang

Rekaman yang baik, dikodekan ke dalam alat penyimpanan yang berkualitas tinggi, akan menghasilkan suara dengan kualitas rendah bila dikaitkan dengan pengeras suara yang kualitasnya rendah. Sistem pada pengeras suara adalah komponen yang mengubah kode sinyal elektronik, lalu mengembalikannya lagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat kita dengar.

Nah, jika ada kerusakan pada loud speaker biasanya adalah tidak mengeluarkan suara sama sekali atau suara pecah. Berikut ini 7 langkah yang bisa Netter’s lakukan untuk menganalisa kerusakan pada loud speaker/ buzzer :

#1. Cek speaker menggunakan avometer menggunakan skala XI.

#2. Tautkan kabel merah avometer  di kaki positif speaker dan kabel hitam avometer di kaki negatif speaker.

#3. Jika jarum tidak bergerak atau sedikit saja berarti speaker rusak dan harus diganti dengan yang baru.

Harga-Evercoss-Winner-T-A74A-Warna-Putih

#4. Jika jarum bergerak menunjukkan nilai hambatan tertentu berarti speaker dalam keadaan baik (terdenga bunyi berdesik pada membrannya).

#5. Langkah selanjutnya ukur nilai hambatan dalam dengan cara letakkan kabel merah avometer pada interface di salah satu pad/landasan (+)/(-) tempat meletakkan receiver pada PCBA secara bergantian dan kabel hitam avometer tetap pada ground.

#6. Jika jarum tidak bergerak atau antara nilai hambatan pada pad/landasan (+) dan (-) berbeda berarti jalur pada rangkaian bermasalah dan penegrjaan tahap selanjutnya dilakukan oleh level 4.

Evercoss-A5T

#7. Jika jarum bergerak atau memiliki nilai hambatan tertentu berarti jalur baik dan permasalahan ada pada salah satu atau beberapa komponenyang bermasalah seperti capasitor, resistor, dioda atau IC, pengerjaan tahap selanjutnya dilakukan oleh level 4.

Disarikan dari Buku Mengenal Handphone dan Permasalah Teknisnya. Penerbit Evercoss – DNA Initiative. Ditulis oleh  Rachman Mulyana

(Visited 502 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.