Wajib Tahu! Kelebihan dan Kekurangan Virtual Reality Ini!

Virtual Reality merupakan sebuah teknologi baru yang memungkinkan pengguna seolah-olah ada si tempat lain. Artinya tidak ada lagi keterbatasan ruang. Atau bisa dikatakan Anda masuk ke dunia maya.

Perangkat Virtual Reality memakai peralatan-peralatan seperti glove, headset, serta walker untuk menciptakan kondisi yang persis dengan dunia nyata. Kita mulai dari Glove, piranti ini berfungsi menangkap gerakan tangan lalu mengirimkan data gerakan tadi ke sistem VR (Virtual Reality). Lalu ada Headset, piranti yang berfungsi sebagai monitor gerakan kepala. Tidak hanya itu, Headset ini lah yang menampilkan pemandangan semu atau maya kepada si pemakai seolah-olah berada di tempat itu. Terakhir walker, piranti yang berfungsi untuk mengontrol gerakan kaki. Alat ini bisa digunakan untuk mengatur gerakan kaki pemakai yang seolah-olah merasakan beban seperti di dunia nyata. Jadi, kaki pemakai akan berat dengan sendirinya jika di dunia semu sedang melewati daerah berlumpur atau rawa.

Cara kerja VR ini adalah pemakai melihat sebuah dunia maya atau semu yang sebenarnya hanya gambar-gambar dinamis. Dengan piranti headphone, pemakai dapat mendengarkan suara seperti aslinya. Jadi, pemakai benar-benar merasakan suasana yang mirip dengan dunia nyata atau asli.

Wajib Tahu! Kelebihan dan Kekurangan Virtual Reality Ini!

Kelebihan Virtual Reality

Dengan piranti VR ini, banyak sekali pekerjaan yang awalnya susah bisa dikerjakan dengan mudah, misalnya merancang bangunan atau denah rumah. Selain itu, bisa digunakan untuk pelatihan khusus, seperti simulator menerbangkan pesawat. Jadi, tidak perlu lagi melakukan latihan yang rumit. Yang paling seru adalah untuk menghilangkan stres dengan memainkan game seperti, second life, the sims.

Kelemahan Virtual Reality

Memang pirnati satu ini merupakan inovasi atau terobosan baru yang sangat canggih dan tentunya bermanfaat. Namun, ada beberapa hal negatif yang ditimbulkan VR ini. Yang pertama manusia akan kehilangan rasa realitas dan juga cara berinteraksi di dunia nyata. Selain itu, jumlah pengangguran juga semakin banyak sebab hanya membutuhkan sedikit orang untuk membuat proyek-proyek.

Nah, itu tadi kelebihan dan kekurangan teknologi Virtual Reality yang wajib Anda ketahui. Semoga Anda dapat mengambil sisi positifnya saja. Semoga bermanfaat.

(Visited 11109 times, 2 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.