Opera Mini untuk iPhone Hadirkan Mesin Pencari Berita dengan Kecerdasan Buatan

Netters, Opera meluncurkan update Opera Mini bagi pengguna iPhone yang menghadirkan antarmuka baru. Pada antarmuka tersebut di  halaman awal terdapat fitur newsfeed dan kemampuan memperoleh berita empat kali lebih cepat dibanding versi sebelumnya. Pencarian berita dilakukan memanfaatkan artificial intelligent (AI) atau kecerdasan buatan). Fitur ini dapat menampilkan berita terkini bagi pengguna tanpa harus melakukan proses pengaturan terlebih dahulu. Saat ini tak semua negara memperoleh fitur tersebut.

Cara Kerja Kecerdasan Buatan di Opera Mini

Dalam melakukan pencarian berita, AI memakai intelligent ranking secara real-time. Proses ini juga didukung pembelajaran mesin dengan algoritma G.B.D.T dan deep neural network (DDN) atau deep learning. Mesin akan menyusun profil unik pengguna ketika pengguna berinteraksi dengan konten berita. Minat pengguna dianalisa menggunakan model deep learning untuk mempelajari berita yang sering dibuka atau yang disukai. Semakin tinggi frekuensi pengguna membuka newsfeed maka konten dalam bagian “For You” juga akan semakin sesuai.

Feedback atau masukan dari tim editorial lokal pun juga disertakan oleh kecerdasan buatan. Tampilan berita yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan ini dipantau tim editorial untuk mengidentifikasi dan segera menghapus berita palsu atau hoax.

“Kami memiliki tujuan utama untuk memberikan kesempatan mendapatankan berita sesuai minat masing-masing pengguna yang terus berubah. Demikian juga saat menyajikan informasi terkini yang kemungkinan tak bisa diperoleh pengguna melalui media tradisional,” ucap Cuautemoc Weber, Head of Global Accounts & Content, Opera Software.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, belum semua negara memperoleh fitur kecerdasan buatan pada Opera Mini. Negara-negara yang telah memperoleh fitur tersebut adalah Afrika Selatan, Amerika Serikat, Ghana, India, Indonesia, Kenya, Nigeria dan Tanzania. Sementara negara yang akan segera memperoleh fitur ini adalah Bangladesh, Pakistan dan Rusia.

Aplikasi Opera Mini untuk iPhone dapat diunduh melalui App Store. Sementara informasi lebih lanjut mengenai Opera Mini ini bisa dibaca pada blog resmi Opera.

(Visited 75 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply