Booking Assistant Tangani Pelanggan Booking.com dengan Kecerdasan Buatan

Netters, Booking.com mengembangkan versi perdana layanan terbarunya yang berupa bantuan chatbot, yaitu Booking Assistant. Layanan ini merupakan integrasi antara teknologi kecerdasan buatan dan dukungan layanan Booking.com . Kini layanan tersebut sudah tersedia luas di mancanegara dengan basis bahasa Inggris.

Musim liburan akhir tahun ini membuat jumlah wisatawan semakin meningkat. Nah, Booking Assistant memberikan hak untuk memperoleh layanan terdepan bagi para pelanggan untuk pemesanan berikutnya. Layanan ini mencakup tanggapan mengenai hal-hal yang berkenaan dengan penginapan. Semuanya dapat ditanyakan melalui satu antar muka obrolan intuitif. Booking Assistant dibangun secara menyeluruh dalam mengenali dan menanggapi pertanyaan secara otomatis terkait pasca pemesanan dari seluruh wisatawan.

Penerapan Kecerdasan Buatan Pada Booking Assistant

Booking Assistant memakai teknologi untuk memproses bahasa asli suatu daerah sehingga dapat mengidentifikasi pertanyaan yang sering diajukan pelanggan. Pertanyaan tersebut mencakup topik berupa hal terkait kedatangan dan keberangkatan, perubahan tanggal, transportasi, waktu pembayaran, WiFi, dan lain-lain. Sistem cahatbot saat ini bisa menanggapi 30% pertanyaan yang berkaitan dengan pelanggan secara otomatis kurang dari lima menit.

Bagi pelanggan dengan pertanyaan yang paling mendesak, maka akan dilakukan peningkatan akses. Pertanyaan yang dikelola dikelompokkan menjadi lebih dari 90 subtopik spesifik yang bisa diidentifikasi dan ditangani dengan tepat dan cepat. Bila pertanyaan yang sudah diidentifikasi Booking Assistant tak bisa ditangani sendiri, maka sistem tersebut akan mencari bantuan. Bantuan tersebut tergantung dari sifat pertanyaa, bantuan bisa dari tim layanan pelanggan Booking.com atau properti terkait. Booking Assistant selalu mengidentifikasi sumber informasi, sehingga transparan ke pelanggan.

Keberadaaan layanan Booking Assistant akan menghemat waktu, karena sistem chatbot dapat mengajukan pertanyaan yang mudah dijawab. Sehingga pelanggan tak perlu menjangkau properti secara langsung untuk mengklarifikasi.

Booking Assistant ini dibangun untuk dapat beroperasi dengan lancar di aplikasi Booking.com , baik pada platform Android maupun iOS. Selain itu tersedia juga pada Facebook Messenger dan dapat diakses di situs Booking.com versi desktop, mobile atau tablet. Interaksi dengan Booking Assistant dapat dilakukan dengan menekan ikon obrolan dan teks ‘Ajukan Pertanyaan’.

Aplikasi Booking.com dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store.

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.