Aplikasi Haven Ubah Kamera dan Sensor Smartphone Jadi Pengintai

Netters, siapa saja bisa menyusup masuk ke rumah, kantor atau kamar hotel dan mengotak-atik komputer atau mencurinya. Ancaman tersebut dapat diatasi dengan aplikasi Haven yang mengubah segala smartphone Android menjadi sensor segala hal untuk mendeteksi gangguan. Sistem alarm dengan smartphone ini dibuat oleh Snowden bersama dengan Micah Lee yang bekerjasama dengan lembaga nirlaba Guardian Project.

Cara Kerja Haven

Aplikasi yang dirancang oleh Edward Snowden ini ditujukan untuk diinstal pada burner phone Android yang murah. Haven menggunakan kamera, mikrofon dan bahkan sensor akselerometer untuk mendeteksi segala gerakan, suara atau gangguan. Aplikasi ini bahkan menggunakan sensor cahaya sekitar untuk memicu peringatan jika ruangan tiba-tiba gelap atau ada nyala senter.

Misalnya Netters meninggalkan aplikasi tersebut di kamar hotel ketika sedang keluar. Maka ketika ada tukang bersih-bersih atau agen mencoba menginstal spyware di laptop, aplikasi tersebut akan segera mengirim foto dan suara ke pengunjung itu ke ponsel utama. Sehingga memberitahu Netters mengenai gangguan tersebut. Smartphone Netters akan menyaksikan segala hal yang terjadi dan membuat rekamannya.

“Inti dari gagasan aplikasi ini adalah menciptakan ruang fisik di sekitar Anda yang bisa dipercaya,” ucap Edwar Snowden.

Sejak menjadi direktur Freedon of the Press Foundation pada awal 2016, Snowden telah memimpin sekelompok kecil programer dan ahli teknologi untuk mengerjakan alat pengamanan. Proyek tersebut beragam, mulai dari perangkat lunak yang hanya memungkinkan rahasia didekripsi jika seklompok kolabolator menggabungkan kunci rahasia mereka, sampai modifikasi perangkat keras untuk iPhone yang dirancang untuk mendeteksi malware dari perangkat yang diam-diam mentransmisikan data pengguna.

(Visited 147 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.