WhatsApp Luncurkan Video Calling Bagi Semua Orang

WhatsApp ingin menjadi FaceTime lintas platform yang internasional. Layanan chat yang dimiliki Facebook ini secara resmi kemarin meluncurkan fitur video calling. Fitur ini dapat digunakan oleh 1 miliar penggunanya yang menggunakan platform Android, iOS dan Windows Phone.

Menu Pada Video Calling

Penampilan perdana fitur ini dilakukan setelah serangkaian laporan dari orang-orang yang baru-baru ini menemukan fitur tersebut pada versi beta. Yup! Beberapa versi beta pada Android dan Windows Phone memang pertanda aplikasi ini akan tampil perdana secara publik dalam waktu dekat. Fitur baru ini dapat digunakan dengan menekan tombol call di pojok kanan atas percakapan. Kemudian akan muncul kotak dialog untuk memilih voice call atau video call dengan lawan chat. Bila ingin melakukan video call, cukup tekan pilihan video call di layar.

Selama melakukan video call, tampilan kamera bisa dialihkan antara kamera depan dan kamera depan. Selain itu bisa juga membisukan percakapan atau mengakhiri video call dengan menekan tombol merah. Tampaknya antarmuka pengguna sedikit berbeda antara Android dan iPhone dalam hal tampilan video, demikian juga dengan ukuran tombol dan penataannya.

WhatsApp telah mendukung sejumlah fitur standar untuk aplikasi komunikasi, termasuk pengiriman teks secara grup dan voice call. Tetapi perusahaan mengatakan bahwa video call masih merupakan salah satu fitur unggulan yang diinginkan dari pengguna. Kehadiran video call ini membuat WhatsApp mengejar ketertinggalan dengan sejumlah pesaingnya, termasuk aplikasi Messenger Facebook sendiri. Beberapa aplikasi Messenger yang sudah mengadopsi fitur video call antara lain adalah Skype, FaceTime, Viber, LINE dan Google Duo.

Kelebihan WhatsApp

Kendati belakangan, namun WhatsApp masih mempunyai basis pengguna yang sangat besar. Dan dengan adanya tambahan fitur baru ini, dapat membantu mereka membuat pengguna beralih dari aplikasi pengiriman pesan dan penelponan lainnya. Selain itu dukungan lintas platform WhatsApp bisa menjadi salah satu alasan untuk menggunakan fitur video call pada aplikasi ini dan bukan yang lain.

“… kami ingin agar fitur-fitur ini tersedia untuk semua orang, bukan hanya mereka yang mampu memiliki smartphone baru yang mahal atau tinggal di negara dengan jaringan telekomunikasi yang terbaik,” ucap perusahaan dalam pengumuman yang dipublikasikan kemarin.

Tentu saja hal tersebut menyinggung aplikasi seperti FaceTime yang hanya dapat berjalan di perangkat Apple. Dan juga pendatang barunya Google Duo yang hanya jalan pada iOS  dan Android versi terkini (iOS 9 ke atas dan Jelly Bean ke atas). Netters mungkin belum bisa melihat fitur video call ini hari ini di WhatsApp. Karena memang penyebarannya bertahap, jadi bisa saja masih beberapa hari mendatang hingga mencapai seluruh pengguna WhatsApp.

Video call bukanlah satu-satunya tambahan baru yang tiba baru-baru ini. Perusahaan juga meluncurkan otentikasi dua faktor pada beberapa versi beta. Sehingga peluncuran besar berikutnya bisa berupa peningkatan yang fokus pada keamanan.

(Visited 271 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.