Microsoft Sediakan Visual Studio untuk Mac

Microsoft telah mengumumkan peluncuran antarmuka pemrograman utamanya, Visual Studio di komputer Mac. Ini merupakan perombakan besar bagi perusahaan yang sebelumnya memilih mengunci developer dalam platformnya dan mempertahankan alat pemrograman hanya untuk Windows.

Menjual Layanan Cloud dari Visual Studio

Perubahan ini tiba seiring dengan pergeseran fokus Microsoft untuk menghasilkan uang dari operasi cloud. Sementara tugas pemrograman di masa lalu dilakukan di server lokal, kini mereka meningkatkan penggunaan layanan cloud lintas platform. Layanan cloud tersebut seperti Azure (dari Microsoft) dan AWS (dari Amazon). Dengan menjadikan Visual Studio lintas platform, Microsoft berharap dapat mempertahankan pengguna profesional yang ingin mengerjakan proyek mereka dari segala sistem operasi yang disukai.

Perangkat lunak ini berbasis platform pengembangan aplikasi Xamarin Studio dan perubahan ini bisa mendorong developer Mac dan iOS untuk membuat lebih banyak aplikasi bagi Windows. Para pengguna tersebut tak perlu lagi membeli komputer Windows atau mempersiapkan mesin virtual untuk mengakses Visual Studio.

Berita ini merupakan kelanjutan dari pengumum serupa di awal tahun ini, ketika perusahaan mengumumkan akan menambah dukungan command line Bash bagi Linux ke Windows untuk pertama kalinya. Penambahan dukungan Bash ini merupakan hal yang cemerlang bagi developer pengguna serangkaian alat yang berbeda. Demikian juga dengan meluncurkan Visual Studio bagi Mac.

Pratinjau dari perangkat lunak ini akan diungkapkan pada acara developer Connect yang diadakan Microsoft pada akhir pekan ini. Informasi lebih lanjut sempat dimuat dalam blog Microsoft, tetapi tampaknya tayangan tersebut telah dihapus. Namun Netters bisa membaca pada versi cache.

Visual Studio di Mac (sumber: Microsoft)
Visual Studio di Mac (sumber: Microsoft)

 

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.