Game Emak-Emak Matic, Potret Petualangan Pengendara Motor Ugal-ugalan

Netters tentu jengkel bila di jalanan harus berhadapan dengan pengemudi motor ugal-ugalan. Entah kenapa umumnya pengemudi tersebut banyak emak-emak. Mungkin hal inilah yang menginspirasi Keong Games, developer asal Salatiga untuk menggarap Game Emak-emak Matic yang disajikan dalam dua bahasa. Selain bahasa Indonesia, game ini memang menggunakan bahasa Inggris. Nama game ini pun berubah jadi Crazy Mom Racing Adventure.

Tokoh utama game ini adalah Emak, yang merupakan potret pengemudi motor ugal-ugalan di jalanan Indonesia. Pengemudi ini bebas belok kiri kanan tanpa sen yang tepat atau bahkan tak menyalakan sen sama sekali. Tetapi tenang si Emak dalam game ini tak antagonis. Selain mengumpulkan koin sepanjang jalan, bisa juga menabrak begal-begal yang berkeliaran di jalanan.

Spesifikasi Game Emak-emak Matic

Jalur-jalur yang dilalui pada game ini khas jalanan di Indonesia. Ada pasar, jalur kereta dan bahkan jalan tol. Di jalur kereta memang ada begitu banyak koin bertebaran, tetapi hati-hati, bila lengah bisa tersambar kereta. Pengendalian game bisa dilakukan dengan cara Tilt (memiring-miringkan smartphone yang mengandalkan sensor accelerometer) atau dengan cara Swap (mengusap layar). Tentu saja pilihan pengoperasian ini tergantung kebiasaan dan kenyamanan. Rintangan yang menghadang bisa juga dilewati dengan cara melompati atau menunduk, tergantung dari rintangan tersebut.

Genre game ini adalah endless runner atau lari tanpa henti yang mirip dengan gama Minion Rush dan Jetpack Joyride. Namun dari segi medan yang dihadapi dan ritmenya, game ini lebih mirip dengan Maze Runner. Layaknya game-game tersebut, pada Game Emak-emak Matic ini juga ada misi dan achievement yang harus dicapai. Total dari misi yang harus dicapai Emak ini adalah 21 misi, dan beberapa di antaranya membutuhkan Power Up. Sedangkan total achievement yang dapat dikejar ada 47. Jenis Power Up untuk dibeli ada beragam jenis, yaitu obat tensi, NOS, Kamuragan, Kanjeng Masdi, Gaji ke-13, Tuyul, Rem dan sebagainya.

Tuyul pada game ini dapat membantu Emak dalam mengumpulkan koin. Bahkan salah satu misi awal adalah menggunakan Tuyul ini. Pengumpulan koin juga bisa diperoleh dari memanfaatkan fitur Daily Reward yang totalnya ada 102.

Sayangnya game ini baru tersedia untuk Android saja, yang bisa diunduh secara gratis dari Google Play Store. Luar biasanya game ini sudah diunduh lebih dari 70 ribu kali sejak diluncurkan pada 17 Desember 2017. Padahal baru beberapa hari saja beredar, skornya pun cukup lumayan, yaitu 4,6 dari skala 5. Keong Games yang merupakan developer game ini dibentuk pada tahun 2016 dan memang sudah memiliki banyak koleksi game keren.

(Visited 89 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.