Tips Mudah Memotret Sunrise Dan Sunset Dengan Hasil Terbaik

Sunrise dan sunset merupakan sebuah fenomena alam yang sangat indah dna menakjubkan. Maka, tak heran jika banyak yang memburu momen indah ini. Karena, tidak setiap waktu kita bisa mendapatkannya. Peristiwa ini hanya bisa kita dapatkan saat cuaca cerah dan terang. Selain itu, waktunya juga hanya pagi dan sore hari saja.

So, jika Anda menemukan momen keren ini jangan lupa untuk diabadikan. Nah, tapi untuk mendapatkan foto yang bagus dan pas tentu tidak mudah. Namun, tenang saja kami sudah menyiapkan beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat akan mengabadikan momen sunrie dan sunset berikut ini:

IMG_0829

Tips Mudah Memotret Sunrise Dan Sunset Dengan Hasil Terbaik

Lakukan Persiapan

Sunset dan sunrise hanya berlangsung sebentar, kira-kira hanya 30 menit. Karena itu kita harus melakukan persiapan yang matang sebelumnya. Hal yang perlu dipersiapkan adalah memeriksa lokasi yang akan dijadikan target foto dihari sebelumnya. Sementara peralatan yang dibutuhkan adalah Kamera dan Tripot. Hal pertama yang harus dilakukan saat tiba dilokasi tentunya mencari target yang bagus kemudian setelah ketemu target, pasang tripod. Sebelumnya usahakan anda mengetahui kapan sunrise atau sunset muncul.

Jangan Kecewa Jika Mendung

Maksimalkan kreatifitas anda ketika terjadi sesuatu yang tidak sesuai rencana. Sudah jauh-jauh ke lokasi untuk memotret sunset sesampainya di sana tiba-tiba mendung datang. Jangan kecewa jika itu terjadi. Langit mendung bukan halangan fotografer utuk mendapatkan foto yang berkualitas, cari tahu objek yang pas, yang menarik untuk difoto saat mendung atau hujan.

Jangan Terpaku Pada Wide Angle

Memotret jangan terlalu fokus pada lensa sudut lebar, mungkin ada lihatnya lebih bagus jika wide, cobalah ganti lensa kalian jika punya yang lain. Memotret dengan sudut wide sudah biasa atau sudah pasaran, banyak yang memotret dengan cara itu. Jika jadi memiliki lensa lain, ya sekali-sekali kalian coba. Misalnya lensa tele, siapa tau anda ganti terpaku dilensa tersebut.

Maksimalkan Siluet

Siluet memberi kesan yang keren maka dari itu maksimalkan siluet, karena siluet dapat menambah daya tarik foto sunrise dan sunset untuk dilihat. Saat ingin memberi siluet jangan lupa pastikan mematikan flash, jika hal sepele itu lupa, maka anda akan dapat hasil yang kurang memuaskan karena objek utama tidak jadi gelap. Cari pencahayaan yang tepat (blacklight), untuk menghasilkan siluet anda harus mengambil background yang lebih terang.

Gunakan Manual Fokus

Sebelum jepret, jangan lupa segera ganti ke manual fokus jika menggunakan auto fokus kita harus membuang-buang waktu untuk menunggu hasil kamera fokus. Lagipula sunset dan sunrise memiliki cahaya yang ekstrim, terkadang kamera akan sulit untuk fokus jika anda menggunakan mode auto fokus.

Gunakan Mode Preset White Balance Cloudy

Jika anda suka mencoba hasil yang lain, silahkan coba white balance lainnya. Hanya saran saja, jika anda menggunakan Preset white cloudy. Setting ini akan membuat hasil foto sunrise atau sunset anda lebih hangat dan warnanya lebih bagus dibandingkan setting white balance auto.

Gunakan Sunset Scene atau Spot Matering

Jika anda memiliki kamera DSLR dan prosumer gunakanlah mode metering spot untuk memperoleh eksposur yang tepat. Atau jika anda menggunakan kamera saku untuk pemula, gunakan mode scene sunset/ sunrise. Cara pengukuran menggunakan spot meter, arahkan titik fokus ke arah sekitar matahari lalu lakukan metering dengan memencet separuh shutter kemudian kunci eksposur anda. Dan untuk kamera saku dengan mode scene, tinggal arahkan dan jepret.

Jangan Berhenti Ketika Sunset Lewat

Maksudnya adalah jangan kemasi barang-barang anda jika matahari sudah lewat garis horizon. Coba tunggu sebentar saja, karena cahaya setelah sunset adalah cahaya yang juga merupakan keindahan yang dikeluarkan alam. Begitu pula dengan sunrise, jangan datang terlalu mepet dengan terbitnya matahari, karena cahaya sebelum sunrise muncul adalah salah satu yang paling indah.

Berdoalah Agar Cuaca Berpihak Pada Anda

Anda sudah pergi jauh-jauh ke puncak gunung, rela bangun jam 4 pagi untuk menyiapkan peralatan, namun tiba-tiba hujan. Mau gimana lagi? Jadi fotografer harus sabar, dan yang paling penting jangan pernah menyerah jika ada halangan. Karena masih ada hari esok untuk mencoba lagi.

Mudah sekali bukan? Jangan pernah takut mencoba hal baru dan yang terpenting jangan menyerah untuk mendapatkan spot dan angle yang sempurna.

(Visited 1313 times, 2 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.