Tips Mudah Meningkatkan Peforma Android Yang Lemot

Sebagai pengguna android, Anda pasti pernah mengalami kinerja ponsel yang menurun. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor. Mulai dari aplikasi yang terlalu banyak, hingga perawatan hardware yang kurang tepat. Ketika ponsel android menjadi lemot pasti Anda akan merasa jengkel karena saat digunakan untuk bermultitasking tidak bisa berjalan dengan lancar. Oleh sebab itulah, Anda harus mengetahui bagaimana cara merawat ponsel yang benar supaya tidak mudah lemot.

Sebenarnya banyak sekali tips untuk memaksimalkan performa android tanpa perlu ke tukang servis. Salah satunya dengan membuang aplikasi tak penting karena akan memberatkan kinerja RAM pada ponsel. Jika ponsel yang lemot tidak segera diatasi dengan cepat bisa-bisa akan rusak. Selain itu, juga terdapat beberapa cara mudah lainnya yang bisa Anda lakukan. Kali ini, kami akan memberikan informasi tentang cara meningkatkan performa android yang lemot.

Berikut adalah beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa perlu ke tukang servis:

6-Cara-Meningkatkan-Kinerja-Ponsel-Android

Tips Mudah Meningkatkan Peforma Android Yang Lemot

Lakukan Reset

Reset atau setel ulang pabrik bisa dijadikan pilihan untuk mengembalikan peforma android Anda. Jangan terburu-buru membawanya ke conter atau tukang servis HP. Pasalnya, Anda bisa melakukan cara ini sendiri. Jadi, bisa menghemat anggaran. Sebelum melakukan reset ini jangan lupa untuk melepas kartu SD dan SIM card Anda sehingga data-data penting bisa tetap terjaga. Untuk melakukan reset Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Masuk ke setting
  • Tentang ponsel
  • Reset factory
  • Ikut petunjuk sesuai yang ada di ponsel Anda

Setelah proses reset pabrik selesai maka ponsel android Anda bisa berfungsi secara normal. Lalu, masukkan kembali memori dan SIM card Anda.

Lakukan update perangkat lunak

Biasanya notifikasi untuk update perangkat lunak ini bisa sering muncul pada ponsel android Anda. Sebelum melakukan update software atau perangkat lunak, Anda harus mencari sinyal WiFi. Kenapa harus WiFi? Karena, supaya lebih stabil dan cepat. Jika menggunakan paket data bisa-bisa langsung habis dan proses update jadi macet. Sehingga, mengganggu kinerja perangkat lunak lainnya.  Setelah proses update perangkat selesai, biarkan ponsel Anda melakukan restart. Jika semuanya berlangsung dengan baik maka peforma android tentu akan mengalami peningkatan.

Hapus aplikasi yang tidak penting

Menghapus aplikasi menjadi tips paling mudah yang bisa Anda lakukan. Caranya cukup mudah masuk pada setting, kemudian kelola aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin Anda hapus. Dengan menghapus aplikasi maka kapasitas RAM akan membaik sehingga kinerja android bisa kembali normal.

Simpan Instalasi Aplikasi atau Game di SD Card

Hal yang satu ini mungkin akan di lakukan bagi kebanyakan pengguna android yang memiliki spesifikasi rendah dan juga memiliki kapsitas RAM dan internal memory yang cukup kecil. Dan bisa di bilang cara yang satu ini merupakan cara yang paling ampuh untuk membuat performa android anda kembali mumpuni. Hal ini di karenakan jika aplikasi yang anda install disimpan pada kartu memori eksternal atau SD Card, secara otomatis kinerja sebuah RAM atau memori internal akan maksimal, sehingga pada RAM akan terdapat ruang lebih dan akan bekerja dengan ringan pastinya.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan performa android yang bisa dilakukan secara mudah. Namun, ketika Anda sudah melakukan ke empat hal diatas namun ponsel android tetap saja lemot maka bawalah ke conter untuk di flash. Cara ini, mampu mengembalikan performa android seperti baru. Semoga bermanfaat!

(Visited 267 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.