Tips Mengambil Foto Landscape Dengan Benar

Foto Landscape sebenarnya cukup mudah. Tapi, tidak sedikit juga orang yang belum paham cara atau tips memotret landscape yang bagus dan keren. Jenis fotografi ini sebenarnya sebagian besar hanya butuh tempat dan waktu yang pas. Namun, biasanya banyak sekali hal kecil yang terlupakan saat memotret. Berikut sedikit tips dari saya tentang tips-tips foto landscape.

Tips Mengambil Foto Landscape Dengan Benar

Cara-Mengambil-Gambar-Yang-Indah-Dengan-Kamera-DSLR_1

Pilih langit atau daratan.

Jika Anda bingung dengan hal tersebut pilih saja keduanya. Ambil setengah daratan dan setengah langit. Dengan begitu hasil foto Anda akan terkesan datar. Meski sunset atau sunrise sangat indah tetapi jika difoto tanpa daratan hasilnya pun jadi tak seindah yang kita inginkan.

Cari titik fokus.

Titik fokus merupakan dimana mata kita pertama kali tertuju, berhenti, dan kemudian mulai lagi menjelajahi seisi area foto. Jadi, fokuskan foto Anda  ke arah pertama kali mata Anda tertuju. Hal ini sebenarnya bukan untuk memotret landscape saja, hampir semua jenis foto memerlukan hal ini.

Jangan lupakan foreground

Jika kita memposisikan foreground dengan benar maka akan ada sensasi kedalaman dari foto kita. Foreground tidak kalah dengan background karena foreground dapat menjadikan foto kita lebih berdimensi.

Gunakan tripod

Tripod merupakan barang penting bagi seorang fotografer. Barang ini memang berat tetapi jika kita tinggal, kita sendiri nanti yang menyesal. Jadi, lebih baik Anda bawa kemanapun lokasi pemotretan. Posisikan tripod dengan benar, jangan miring dan jangan sampai guncang.

Maksimalkan Depth of Field (DoF)

Pada umumnya foto landscape tajam dari ujung ke ujung. Maka dari itu kita sering menggunakan aperfure f/8 kebawah, bahkan f/22. Gunakan prinsip hyperfocal distance untuk diafragma optimal yang tergantung kondisi. Supaya tidak selalu diposisi minimum, karena pada posisi tersebut, foto akan cenderung soft.

Tangkap gerakan alam

Sebagian besar foto landscape adalah foto yang tenang dan kalem. Tetapi kita dapat memotret hal yang sebaliknya seperti ombak di laut, pohon yang tertiup angin dll. Untuk menangkap objek yang bergerak kita membutuhkan beberapa peralatan pendukung seperti filter ND (Neutral Destiny) dan tripod.

Bekerja sama dengan cuaca

Kita tidak bisa menebak cuaca, kita hanya dapat menunggu waktu yang tepat untuk memotret. Disini memotret foto dengan cuaca cerah sudah biasa, cobalah memotret ketika cuaca lagi buruk misalnya lagi hujan badai, langit gelap dll. Foto Anda akan lebih berkarakter, karena kejadian tersebut jarang kita temui.

Golden Hour & Blue Hour

Langit terlihat sangat indah pada saat sunrise atau sunset tiba, warna-warni dilangit yang sangat bagus. Pada waktu ini membuat landscape terlihat sangat hidup. tidak hanya itu, setelah sunset mulai hilang tunggulah beberapa saat, dan Anda akan menemui keindahan alam lainya.

Shoot in bad light

Seorang fotografer tentunya harus memiliki kemampuan cadangan ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Misalkan tiba-tiba cuaca buruk, jangan menyerah begitu saja ketika melihat cuaca yang mendung. Cobalah tetap memotret, cuaca yang buruk dapat memberikan mood yang berbeda.

Ganti Perspectif

Jangan terlalu fokus pada satu titik, coba sejajarkan dengan tanah atau naik ke atas pohon. Gunakan imajinasi Anda, cari view yang berbeda dari biasanya.

Ambil Detail dari landscape

Landscape tidak selalu wide-angle. Gunakan mode lainnya, lensa apa saja dapat memotret landscape. Gunakan kreatifitas Anda dan coba sesuatu yang berbeda.

Itulah Tips Mengambil Foto Landscape Dengan Benar yang bisa sobat coba, semoga bermanfaat!!

(Visited 320 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.