Trik Mudah Memaksimalkan Kamera DSLR

Saat ini, sudah banyak sekali orang yang memiliki kamera DSLR. Kamera yang mempunyai kualitas tinggi namun, masih banyak juga orang yang belum bisa memaksimalkan kamera DSLR mereka.

Kali ini kami akan berbagi sedikit trik tentang memaksimalkan kamera DSLR agar bisa mendapatkan gambar yang jernih dan bagus.

Trik Mudah Memaksimalkan Kamera DSLR

Kamera-DSLR-pemula

Gunakan tripod

Untuk pemula biasakan menggunakan tripod untuk mengambil gambar. Karena biasanya pemula belum ahli dalam hal menyeimbangkan kamera, sehingga membuat gambar yang dihasilkan goyang. Berat kamera DSLR tidak bisa di anggap remeh, bagi pemula juga sering terjadi ketika menekan tombol shutter terjadi hentakan dan menyebabkan kamera bergerak.

Shutter Release

Alat ini fungsinya sama dengan tombol shutter namun shutter release berbentuk kabel yang dapat mengurangi goyangan saat shutter. Jika ingin memakai yang lebih canggih lagi Anda bisa menggunakan yang remote.

Gunakan Timer

Jika Anda lupa tidak membawa shutter release atau tidak memilikinya. Anda bisa memanfaatkan timer sebagai shutter. Semua kamera DSLR sudah memiliki fitur timer. Dengan timer dapat menghindarkan dari goyangnya kamera.

Aktifkan mirror lock up

Semua kamera DSLR pasti memiliki cermin yang fungsinya untuk menampilkan gambar pada viewfinder. Kebanyakan kamera DSLR memiliki fitur yang dapat mengunci cermin supaya tidak goyang ketika kamera mengambil exposur. Aktifkan fitur ini supaya tidak mempengaruhi ketajaman foto.

Aktifkan stabilizer kamera

Trik ini digunakan jika tidak memakai tripod, apabila tetap digunakan jika sudah memakai tripod maka akan mubadzir. Image stabilizer yang mampu meredam getaran ketika shutter speed ditekan dan mempengaruhi ketajaman foto. Fitur ini biasanya menempel pada lensa dan ada juga yang menempel pada body kamera.

Menggunakan kamera yang berkualitas

Belilah lensa yang berkualitas dan tentunya yang bersahabat dengan kantong Anda karena lensa tersebut dapat meningkatkan kualitas hasil kamera Anda. Apabila Anda masih menggunakan lensa kit bawaan usahakan menggunakan bukaan besar. Namun umumnya lensa dengan bukaan besar memiliki harga yang tergolong mahal.

Gunakan DOF yang cukup

Silahkan periksa Depth of Field terlalu sempit apa tidak apabila gambar yang Anad hasilkan belum maksimal ketajamannya. Jika terlalu sempit maka aperture lensa harus diperlebar. Gunakan tombol DOF preview untuk memeriksanya.

Tempatkan fokus ditempat yang benar

Apapun objek foto Anda, ketahuilah titik yang harus terlihat tajam. Ketika Anda memotret portrait mata harus bisa menentukan tempat fokus dan ketika Anda memotret landscape foreground harus tajam.

Sesuaikan shutter speed

Shutter speed tentunya sangat mempengaruhi hasil ketajaman gambar. Misalkan Anda memotret disiang hari dan dengan shutter speed rendah 1/60 tentunya gambar akan overexposure dan apabila Anda memotret pada cahaya yang minim dan Anda menggunakan shutter speed 1/300 hasil gambar Anda akan underexposure.

Pencahayaan yang bagus itu penting

Jika ingin menghasilkan gambar yang bagus maka harus memiliki pencahayaan yang bagus juga. Karena auto fokus akan membantu Anda dengan baik dengan pencahayaan yang baik. Auto fokus juga tidak bekerja dengan maksimal ketika cahaya minim.

Manfaatkan live view

Live view ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan titik fokus, karena live view ini dapat memperlihatkan apakan objek fokus atau belum. Hampir semua kamera DSLR, mirrorless dan jenis lain memiliki fitur live view.

Jaga kebersihan lensa

Jika lensa kamera tidak terjaga dengan baik pastinya akan berdebu bahkan, bisa muncul jamur. Debu ataupun jamur dapat menurunkan hasil gambar Anda.

Demikian info tentang trik memaksimalkan kamera DSLR, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda apalagi yang mulai belajar fotografi.

(Visited 291 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.