Yuk Jajal Fitur-fitur Baru iMessage pada iOS 10!

iOS 10 telah tiba, saatnya menjajal fitur-fitur baru pada iMessage. Ada begitu banyak hal baru. Tampilan pesan jadi lebih menarik dengan animasi balon pesan dan latar belakang.Dan tentu saja banyak fitur menarik lainnya. Yuk simak apa saja fitur keren yang ada di iMessage.

Pilihan Animasi pada balon iMessage

Empat pilihan animasi yang berbeda antara lain adalah:

  • Invisible ink: pesan tak terlihat seperti tertutup titik-titik debu. Penerima harus menekan balon pesan untuk mengungkap konten pesan
  • Calm: balon pesan yang dikirim berukuran kecil, tetapi secara perlahan menjadi berukuran normal
  • Loud: pesan akan ditampilkan dalam ukuran besar dan kemudian akan menyusut
  • Slam: pesan masuk tiba-tiba dengan kepulan debu di sekitar balon pesan. Sepertinya ini adalah efek animasi yang paling asik.
Empat Animasi Pilihan
Empat Animasi Pilihan

Latar belakang percakapan dapat diganti-ganti agar lebih menarik. Untuk masuk ke menu baru dengan lima pilihan latar tersebut, tekan tab “Screen”. Lima pilihan gambar yang menarik tersebut sesuai dengan judulnya, yaitu Ballons, Confetti, Lasers, Fireworks dan Shooting Star.

Latar belakang percakapan
Latar belakang percakapan

Pesan dapat ditulis menggunakan tulisan tangan

Netters dapat mengirim catatan tulisan tangan yang keren dengan memutar iPhone menjadi mode landscape. Jika Netters masih melihat keybord virtual, tekan tombol untuk membuat coretan di sebelah tombol enter. Maka kanvas kosong untuk membuat coretan pun terbuka. Segala gambar yang dibuat pada kertas virtual akan diberi efek tinta. Pesan tulisan tangan akan disimpan pada tab untuk mengakses secara cepat di bagian bawah layar. Bila ingin menghapusnya, tekan hasil tersebut agak lama dan tekan tombol x.

handwriting

Digital Touch

Selain itu tersedia juga fungsi untuk membuat pesan sementara yang dapat menghilang dengan Digital Touch. Bila ingin mengirim gambar dengan fitur ini, tekan panah kiri pada kotak pesan, dan pilih ikon Digital Touch (tampilannya seperti hati dengan dua jari di atasnya).

Digital Touch
Digital Touch

Netters bisa melakukan enam tindakan yang berbeda yang dapat memberi hasil yang berbeda pula. Netters bisa mudah membuat sketsa hanya dengan satu jari. Tap dengan satu jari untuk membuat efek seperti tetesan air. Tekan lama dengan satu jari untuk efek “Fireball”, dan tap dengan dua cari untuk “Kiss”, tap dan tahan dengan dua jari untuk “Heartbeat”, tekan lama dan geser ke bawah dengan dua jari untuk “Heartbreak”. Netters bisa juga melakukan tindakan-tindakan tersebut pada foto dan klip video. Untuk melakukannya, tekan ikon kamera di bagian kiri untuk membuka kanvas Digital Touch secara penuh. Kemudian tap tombol merah untuk merekam atau tekan tombol untuk memotret. Netters bisa menggambar pada kanvas sebelum, saat atau setelah merekam video atau memotret foto. Coretan dengan Digital Touch akan menghilang dalam 2 menit setelah pengiriman. Namun dapat disimpan oleh penerima. Pengirim akan diberitahu ketika pesan sementara tersebut disimpan.

Emoji

Emoji memegang peranan penting pada iMessage untuk iOS 19. Ukuran emoji ini tiga kali lebih besar dari sebelumnya. Kini juga ada fitur untuk menerjemahkan pesan Netters ke dalam emoji. Setelah menulis pesan, Netters dapat beralih ke keyboard emoji dan melihat kata apa di pesan Netters yang bisa dibuat emoji. Kata tersebut akan disorot dalam warna jingga, tap untuk melihat emoji yang sesuai. Tap untuk mengganti kata dengan emoji, tap kembali untuk mengembalikan menjadi kata. Mudah sekali kan menggunakannya.

Emoji
Emoji

Sticker

Stiker dan emoji dapat diunduh dari iMessage App Store. Tap tombol > di sebelah kotak pesan, kemudian tap ikon App Store. Paket stiker yang baru diunduh akan ditampilkan pada halaman utama. Geser ke kiri untuk memilih antara paket stiker dan aplikasi. Mengirim stiker sangat mudah, tap dan tekan Send. Serunya lagi adalah kemampuan  untuk melekatkannya pada pesan yang sudah terkirim. Untuk melakukannya tap dan tahan pada stiker, lalu pindahkan dan pasang pada pesan yang disukai, termasuk foto dan gambar lain. Selama menahan stiker, Netters dapat menggunakakn jari kedua untuk mengubah ukuran atau memutar stiker sebelum dilekatkan.

Stiker
Stiker

Aplikasi & Games

Netters dapat menjalankan aplikasi di dalam iMessage. Saat ini memang jumlah aplikasi terbatas, namun dalam beberapa bulan mendatang akan ada begitu banyak aplikasi yang mengadopsi iOS 10. Ada juga game multiplayer untuk dimainkan sambil chatting. Tentu saja kedua pihak yang sedang chatting harus sama-sama mengunduh game yang sama.

Tapback

Kini Netters dapat mengopi, menghapus dan bereaksi pada pesan yang dikirim dengan menekan lama pesan tersebut dan memilih salah satu tindakan yang tersedia. Reaksi Anda akan tampil di sebelah pesan pada balon terpisah. Ini dapat dilaukkan baik pada pesan yang dikirim maupun pesan yang diterima.
Pesan dapat dihapus sekaligus dengan menekan agak lama, lalu pilih More dan tandai beberapa pesan. Tentu saja ini hanya menghapus di sisi Netters saja tanpa mempengaruhi riwayat chat partisipan lain.

Tapback
Tapback

Meniadakan tanda terbaca ketika pesan sudah terlihat

Tanda bahwa pesan sudah terbaca dapat dimatikan pada kontak individual. Hal ini dapat dilakuan dengan melakukan pengaturan di Settings>Messages>Send Read Receipts lalu tetapkan menjadi off. Hal ini juga dapat dilakukan pada percakapan terpisah dengan menekan ikon informasi pada pojok kiri atas layar dan matikan Send Read Receipts.

Membuat coretan pada gambar

Setiap gambar yang dikirim dengan iMessage dapat dicorat coret. Pilih ikon kamera pada bagian kiri kotak pesan dan pilih gambar untuk dikirim. Ketika tampil pada kotak di atasnya, tap untuk membukanya secara penuh. Pilih Markup pada pojok kiri bawah layar, lalu gambar gambar tersebut dengan cara yang berbeda.

Pesan suara sementara

Ketika kotak pesan kosong, tombol Send akan diganti dengan ikon mikrofon. Tekan agak lama untuk mulai merekam dan geser untuk mengirim. Pesan suara akan hilang dalam dua menis, kecuali jika penerima memilih untuk menyimpan.

Demikianlah beberapa hal baru yang dapat ditemukan pada iMessage untuk iOS 10. Mungkin ini baru sebagian dari berbagai fitur baru seru lainnya.

(Visited 427 times, 1 visits today)

About The Author

You might be interested in

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.